Titik Nol Ekspedisi dari Arboretum

BATU – Persiapan matang dilakukan tim Malang Post bersama Kaliwatu Rafting untuk pelaksanaan Ekspedisi Hulu Brantas yang bakal dilakukan dalam waktu dekat ini. Persiapan itu antara lain dilakukan untuk kegiatan launching pada titik nol mata air Sungai Brantas di komplek Arboretum Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu yang rencananya berlangsung Minggu (23/11) nanti.
Tim Malang Post mendapat dukungan penuh dari warga Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji. Hely Suyanto, tokoh masyarakat Desa Sumberbrantas hingga anggota Wali Sumber (sebutan sesepuh mata air sungai Brantas) mendukung penuh kegiatan ini karena sangat bermanfaat bagi kehidupan.
Hely Suyanto mendampingi langsung tim Malang Post dan Kaliwatu Rafting ketika melakukan survey di titik nol dan beberapa lokasi yang bakal dijadikan lokasi launching, Senin (17/11) kemarin. Tidak hanya anggota DPRD Kota Batu ini, petugas Arboretum juga sangat antusias mendukung launching maupun kegiatan ekspedisi lainya.
‘’Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk kehidupan karena nguri-uri Sumber Brantas. Manfaat tidak hanya dirasakan warga Desa Sumberbrantas tetapi juga masyarakat Malang Raya bahkan kota dan kabupaten yang dialiri Sungai Brantas,’’ tegas Hely Suyanto kepada Malang Post, kemarin.
Dalam launching itu akan dilakukan beberapa kegiatan. Penghijauan di sekitar titik nol menjadi agenda utama dalam launching sebelum susur sungai. Selain itu, selamatan serta jungle tracking juga menjadi agenda dalam launching.
Kegiatan launching itu sekaligus untuk memperingati hari pohon sedunia yang jatuh pada 21 November. Kegiatan selamatan dilakukan sebagai ucapan syukur kepada Yang Maha Kuasa karena hingga saat ini mata air sungai Brantas masih mengalir. Berawal dari sumber di titik nol itu, sungai terbesar di Jatim ini ikut menjadi urat nadi kehidupan masyarakat.
‘’Selamatan juga bertujuan berdoa agar mata air ini terus mengalir sepanjang jaman,’’ terang Hely.(feb/ary)

Sering dibaca :